Semanis Inovasi Pasarsambilegi.id

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pandemi Covid-19 mengakibatkan setiap pihak terpaksa berinovasi. Terbatasnya aktivitas yang melibatkan banyak orang membuat beberapa cara interaksi sosial berubah. Salah satu yang terpaksa mengubah cara interaksinya adalah aktivitas ekonomi. Tidak dapat dipungkiri bahwa akibat penyebaran virus corona ini juga sudah dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia, mulai dari pedagang di pasar, para pedagang sayur, buah ataupun ikan, pedagang jajanan di pasar maupun keliling, biasanya mereka mendapatkan pendapatan atau omset dari hasil penjulan, semenjak adanya corona banyak pedagang yang mengeluh akibat kehilangan omset mereka.

Banyak pihak tentu tidak tinggal diam melihat hal tersebut. Salah satunya adalah para inisiator pasarsambilegi.id. Tiga aktor (Paguyuban Pedagang Pasar Sambilegi, Disperindag Kabupaten Sleman, dan Tim dari FISIPOL UGM) berkolaborasi dalam menghasilkan gagasan bersama. Diketahui tidak  sulit  bagi  mereka  untuk  menginisiasi  sebuah gagasan dalam menangani permasalahan berbelanja  di  pasar  tradisional.  Hal  tersebut  karena diantara ketiganya telah saling berjejaring sebelumnya, dan juga memiliki perhatian serta semangat  yang  sama  pada  upaya  perbaikan dampak  COVID-19.  Bagi  mereka,  kebutuhan  berkolaborasi  memiliki  arti  dalam  penguatan  sumber daya bersama. Mereka meyakini, pada perjalanan  sebuah  program,  faktor  input  yang  kuat  akan  menghasilkan  peluang  keberhasilan  yang lebih tinggi dalam mencapai tujuan (Farransahat et.al., 2020).

Berdasarkan kajian Farransahat et.al (2020) dalam perjalanannya, web-appspasarsambilegi.id telah mampu menghasilkan kebaruan nilai sosial dalam  merubah  perilaku  berbelanja  sebagian  masyarakat. Konsumen yang berbelanja tersebut mengetahui  penggunaan  platform  ini  setelah  medapatkan paparan promosi dari tim pengabdian UGM, Paguyuban Pasar Sambilegi dan Disperindag. Selain itu, model bisnis yang dikembangkan  juga telah mampu menghasilkan keuntungan finansial. Pada  pelaksanaan  sebuah  program,  kedua  hal  tersebut dapat dikategorikan sebagai pencapaian outcome awal. Namun sayangnya, pengguna yang memanfaatkan  sistem  daring  ini  masih  sangat  tergantung dengan kegiatan promosi. Keuntungan finansial yang didapatkan juga masih terbatas, hanya  untuk  menutup  biaya  operasionalnya  dan  belum  dapat  meghasilkan  penguatan  kas  kelompok seperti yang diharapkan. Dalam  kesepakatan  bersama  di  awal  perencanaan,  sejatinya  kas  kelompok  ini  akan  digunakan  untuk  membiayai  pengembangan  program  dan  juga  untuk  untuk  menjalankan  kegiatan – kegiatan lain dalam menanggulangi permasalahan  COVID-19  yang  terjadi  di  Pasar  Sambilegi. Harapan utamanya akan dapat mencapai perubahan sosial yang sistemik (impact), berupa peningkatan volume berbelanja dan penurunan penyebaran COVID-19 di wilayah layanan.

Farransahat et.al (2020) juga berkesimpulan bahwa broses  pengembangan  pasarsambilegi.id, sebagai inovasi sosial dalam upaya penanggulangan COVID-19, memiliki komponen  penyusun  yang  sama  dengan  program kewirausahaan sosial. Inovasi sosial ini  telah  mampu  mencapai  outcome  awal,  yaitu  penciptaan  nilai  sosial  baru  yang  berupa  pemanfaatan  sistem  belanja  daring  bagi  sebagian  masyarakat,  dan  hasil  pendapatan  untuk  menutup  kegiatan  operasional.  Namun,  untuk bisa mencapai perubahan sistemik yang diharapkan,  masih  membutuhkan  waktu  lebih  lama,  khususnya  dalam  meningkatkan  jumlah  pengguna.  Maka,  agar  dapat  direplikasikan  kepada  pasar  tradisional  lainnya,  kegiatan  promosi pemanfaatan web-appspasarsambilegi.id perlu digiatkan. Kegiatan ini tidak hanya berupa  sosialisasi  penggunaan,  melainkan  juga  riset  pasar  untuk  mengetahui  segmen  pengguna  yang  paling  potensial.  Dengan  begitu,  peningkatkan  jumlah  pengguna  akan  dapat  meningkatkan  volume perdagangan  dan  mengefisienkan operasional usaha, sehingga dapat  menghasilkan  keuntungan  yang  lebih  besar. Semoga inovasi pasarsambilegi.id semanis namanya.

More to explorer

Mengenal Jenis Jenis Wirausaha di Indonesia

Sektor wirausaha merupakan salah satu perhatian pemerintah dalam melakukan upaya pembangunan jangka menengah. Hal tersebut dikarenakan adanya wirausaha yang dilakukan oleh masyarakat

Close Menu