Lebih Baik di Sini, Rumah Kita Sendiri: Manfaat WFH yang Membuatnya Harus Dilanjutkan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan lebih dari setahun telah membuat banyak dari kita akrab dengan istilah Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah. Hampir seluruh organisasi milik pemerintah maupun swasta yang tidak beruhubungan dengan sektor-sektor yang esensial menerapkan sistem WFH. Alasan utamanya tentu saja adalah keselamatan dan keamanan para pekerja pada masa pandemi sekarang ini. Tapi ternyata, selain alasan keselamatan dan keamanan tersebut, ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan dengan diterapkannya WFH atau bekerja dari rumah ini. Berikut  manfaat-manfaat WFH yang kami rangkum dari beberapa sumber.

1. Membantu Menyeimbangkan antara Kerja dengan Kehidupan Pribadi dan Melatih Multitasking

Banyak pekerjaan dengan sistem WFH yang dilengkapi dengan jadwal yang fleksibel. Dengan kata lain, para pekerja dapat memulai dan mengakhiri hari mereka seperti yang mereka pilih. Tentu saja asalkan pekerjaan mereka selesai dan tetap berorientasi pada hasil yang kuat. Kontrol atas jadwal kerja Anda ini bisa sangat berharga dalam hal memenuhi kebutuhan kehidupan pribadi Anda. Anda bisa sekaligus menemani anak-anak belajar dari rumah, menjalankan beberapa tugas, menghadiri kelas-kelas online, atau berolahraga di rumah. Semuanya lebih mudah diseimbangkan ketika Anda bekerja dari rumah asalkan Anda juga melatih kemampuan multitasking Anda.

2. Menggurangi Efek Negatif dari Perjalanan Pulang-Pergi ke Kantor Bagi Diri Sendiri, Orang Lain, dan Lingkungan Hidup

Menurut Auto Insurance Center, para komuter (penglaju) menghabiskan sekitar 100 jam perjalanan dan 41 jam terjebak macet setiap tahun. Beberapa komuter “ekstrem” menghadapi waktu perjalanan yang lebih lama 90 menit atau lebih sekali jalan. Adanya WFH membuat Anda tidak perlu membuang-buang waktu di perjalanan. WFH juga memungkinkan Anda untuk menghindari keributan dengan pengendara lain di jalan yang sebenarnya sama-sama kelelahan sehabis pulang kerja seperti Anda alias sama-sama menjadi sekrup-sekrup kapitalisme yang terpaksa marah-marah di jalan karena tekanan pekerjaan berpadu dengan kemacetan jalanan. Lingkungan hidup juga akan terdampak positif dengan adanya WFH karena salah satu cara tercepat dan termurah bagi pengusaha dan karyawan untuk mengurangi jejak karbon mereka dan mempengaruhi perubahan iklim adalah dengan mengurangi perjalanan komuter alias para penglaju kerja.

3. Membantu Pemerataan Ekonomi antar Wilayah

Salah satu manfaat yang cukup besar dari diberlakukannya sistem bekerja dari rumah adalah memiliki akses ke berbagai peluang kerja yang lebih luas yang tidak dibatasi oleh lokasi geografis. Hal tersebut dapat sangat membantu bagi para pencari kerja yang tinggal di komunitas pedesaan dan kota-kota kecil yang mungkin tidak banyak variasi pekerjaan lokal yang tersedia bagi mereka. Dengan demikian maka akan terjadi pemerataan ekonomi karena uang yang beredar di kota-kota besar akan mengalir ke desa-desa dan kota-kota kecil dalam bentuk pendapatan para pekerja tersebut. Laju urbanisasi juga dapat ditekan karena para pekerja tidak perlu berpindah ke kota-kota besar karena mereka bisa bekerja dari tempat asal mereka. Tentu saja Pemerintah harus memberikan dukungan dengan menyediakan akses elektrifikasi dan internet ke seluruh penjuru Indonesia.

4. Meningkatkan Inklusivitas Lingkungan Kerja

Adanya WFH memungkinkan perusahaan untuk merangkul keragaman dan inklusi dengan mempekerjakan orang-orang dari latar belakang sosial ekonomi, geografis, dan budaya yang berbeda dan dengan perspektif yang berbeda. Satu hal yang sulit untuk dicapai ketika sistem rekrutmen hanya memungkinkan untuk diakses oleh mereka yang mampu untuk tinggal di dekat lokasi perusahaan. Dengan mempekerjakan karyawan yang dapat bekerja dari rumah tempat mereka tinggal di komunitas yang mereka rasa paling nyaman dan suportif, maka perusahaan memilih untuk mendukung keragaman, komunitas, dan keluarga. WFH memberi orang-orang yang mungkin kesulitan menemukan pekerjaan tetap di tempat, seperti mereka penyandang disabilitas atau pengasuh yang membutuhkan jadwal yang fleksibel, kesempatan untuk mengikuti tujuan karier mereka tanpa harus khawatir tentang bolak-balik ke kantor. Ini juga memberi pekerja fleksibilitas untuk pergi ke dokter dan janji perawatan kesehatan lainnya ketika diperlukan.

5. Peningkatan Produktivitas dan Kinerja

Bekerja dari rumah biasanya menyebabkan lebih sedikit gangguan, politik kantor yang lebih sedikit, tingkat kebisingan yang lebih tenang, dan pertemuan yang kurang (atau lebih efisien). Tambahkan kurangnya perjalanan, dan pekerja jarak jauh biasanya memiliki lebih banyak waktu dan lebih sedikit gangguan, yang mengarah pada peningkatan produktivitas. Sebuah manfaat besar bekerja dari rumah untuk karyawan dan pengusaha. Ketika dilakukan dengan benar, pekerjaan jarak jauh memungkinkan karyawan dan perusahaan untuk fokus pada apa yang sebenarnya penting yaitu kinerja yang berorientasi pada hasil.

6. Kehidupan Kerja yang Lebih Bahagia dan Lebih Sehat

Pekerja dengan jadwal kerja yang fleksibel cenderung lebih bahagia dan menjadi karyawan yang lebih setia. Bekerja dari rumah telah terbukti menurunkan stres, memberikan lebih banyak waktu untuk hobi dan minat, dan meningkatkan hubungan pribadi. Selain kesehatan mental dan kesejahteraan pribadi, hubungan dengan rekan kerja dan pimpinan menjadi bisa lebih positif tanpa gangguan dan politik kantor yang seringkali menyebalkan. Bekerja dari rumah juga dapat menyebabkan kesehatan fisik yang lebih baik dengan beberapa cara seperti:

  • Lebih banyak waktu untuk aktivitas fisik
  • Kemampuan untuk makan lebih sehat
  • Dapat pulih dari penyakit atau operasi di rumah
  • Berkurangnya paparan penyakit dari luar
  • Kemudahan merawat masalah kesehatan atau disabilitas
  • Opsi untuk membuat ruang kerja yang nyaman dan ergonomis.

7. Hemat Uang

Orang-orang yang bekerja dari rumah dapat menghemat cukup banyak uang. Biaya perawatan kendaraan, transportasi, biaya parkir, lemari dan pakaian profesional, makan siang yang harus dibeli, dan banyak hal lain dapat dikurangi atau dihilangkan dari pengeluaran Anda sepenuhnya. Tabungan ini bertambah dan memasukkan lebih banyak uang kembali ke saku Anda.

Manfaat-manfaat WFH yang sudah dijabarkan di atas membuat WFH sangat layak untuk dilanjutkan setelah pandemi selesai. Lebih baik di sini, rumah kita sendiri.

Photo by Daniel Thomas on Unsplash

More to explorer

Mengenal Jenis Jenis Wirausaha di Indonesia

Sektor wirausaha merupakan salah satu perhatian pemerintah dalam melakukan upaya pembangunan jangka menengah. Hal tersebut dikarenakan adanya wirausaha yang dilakukan oleh masyarakat

Close Menu