You are currently viewing Tiga Hal Penting Setelah Mendapatkan Dana dari Investor
Image of spreadsheets on glass table during discussion of strategy

Tiga Hal Penting Setelah Mendapatkan Dana dari Investor

Cara yang paling umum digunakan oleh usaha-usaha rintisan untuk bisa scaling up adalah dengan mencari investor untuk mendapatkan dana segar. Cara tersebut tentu sudah diketahui oleh banyak orang, tapi apa yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha rintisan setelah mendapatkan dana dari investor? Berikut ini kami sajikan tiga hal yang perlu dilakukan oleh para pendiri usaha rintisan setelah mendapatkan dana dari investor.

1. Melakukan Riset

Riset sangat penting untuk bisnis anda. Salah satu manfaat dari riset ini bertujuan untuk mengetahui minat calon konsumen pada produk atau jasa anda. Secara umum ada dua metode untuk melakukan riset dalam bisnis yaitu kuantitatif dan kualitatif. Secara sederhana metode kuantitatif metode yang menggunakan cara analisis secara matematis. Ukuran sampel yang dibutuhkan biasanya dalam skala besar. Hasil dari pengumpulan data ini bertujuan untuk menyempurnakan kinerja dari produk selama ini berarti membahas kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada produk. Sedangkan metode kualitatif dalam riset bisnis adalah pengembangan dan menyimpulkan hasil dari metode pertama yaitu kuantitatif.  Cara pengumpulan data ini banyak di lakukan untuk para pebisnis yang baru memulai usaha dari awal, karena pada umumnya pebisnis yang memulai usaha dari awal lebih banyak membutuhkan data untuk melihat peluang dan meminimalisasi risiko yang bisa saja terjadi suatu saat.

2. Melakukan Promosi

Setelah mendapatkan dana dari investor, pastikan ada alokasi untuk promosi. Kegiatan promosi bisa dilakukan di beberapa media. Pertama, promosi dapat diadakan di lingkungan fisik yang biasanya dilakukan pada acara-acara tertentu atau event-event khusus yang diadakan di suatu tempat seperti pameran, bazar, festival, konser, dan semacamnya. Kelebihan jenis promosi secara fisik dan langsung adalah dapat menjangkau langsung para calon konsumen, mereka dapat secara langsung melihat produk atau jasa yang ditawarkan, dan dapat langsung bertanya segala sesuatu hal mengenai produk atau jasa tersebut, dan dari pihak penjual hal ini dimanfaatkan untuk membujuk dan merayu calon konsumen agar membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan pada saat itu juga. Kedua, promosi di media konvensional. Jenis promosi ini dilakukan melalui media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya, dan media elektronik seperti radio dan televisi, serta media di luar ruangan seperti iklan banner atau papan reklame atau papan billboard. Kelebihan jenis promosi melalui media tradisional adalah dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen daripada dengan promosi secara fisik, karena jangkauan media yang memang cukup luas. Ketiga, promosi melalui media digital. Jenis promosi melalui media digital mencakup media internet dan media sosial atau jejaring sosial. Ini adalah cara modern untuk berpromosi karena memungkinkan orang melihat produk atau jasa yang dipromosikan melalui teknologi terkini seperti ponsel atau laptop. Banyak para pengusaha yang sudah beralih menggunakan media digital sebagai strategi promosi mereka karena memang media digital saat ini merupakan cara paling efektif untuk menjangkau konsumen mereka setiap hari. Lebih dari 2,7 miliar orang menggunakan internet di seluruh dunia, yaitu sekitar 40% dari populasi dunia. 67% dari semua pengguna internet secara global menggunakan media sosial. Kelebihan promosi menggunakan media digital adalah dapat menjangkau orang secara sangat luas dengan waktu dan biaya yang efisien.

3. Memenuhi Hak Pekerja

Sebagai anggota dari usaha rintisan anda, para pekerja juga mempunyai hak yang harus anda penuhi. Contohnya ketika mereka lembur untuk mengerjakan pekerjaan maka mereka juga harus anda beri uang lembur. Mereka juga harus anda urus jaminan sosial ketenagakerjaannya. Kemudian yang sangat penting, mereka harus anda beri upah yang layak sesuai standar hidup layak di lokasi usaha rintisan anda berdiri. Memenuhi hak pekerja anda adalah hal yang wajib anda lakukan demi keutuhan usaha rintisan yang anda bangun.

sumber gambar: timereallyismoney.com

Leave a Reply