Adanya kondisi luar biasa dan tidak menentu seperti pandemi Covid-19 yang sudah berjalan lebih dari satu tahun ini tentu mengganggu keberlangsungan bisnis Anda. Wabah Covid-19 ini secara langsung maupun tidak langsung memberi dampak pada perusahaan, khususnya pasar dan keuangan seperti penurunan penjualan, kelangkaan bahan baku, peningkatan harga distribusi, dan lain sebagainya. Kondisi keuangan perusahaan dapat hancur apabila kita tidak segera melaksanakan aksi mitigasi.
Di saat-saat seperti inilah, mental kita sebagai wirausaha sosial sedang diuji. Di dalam melewati masa krisis, salah satu yang harus dilakukan Anda adalah menekan pengeluaran. Pengurangan pengeluaran harus dilakukan untuk menyelamatkan kondisi keuangan perusahaan. Anda harus melakukan kalkulasi yang menyeluruh untuk mempersiapkan kondisi terburuk.
Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyelamatkan kondisi keuangan perusahaan, antara lain:
- Tunda pembelian aset yang tidak mendesak
Apabila Anda pernah memiliki rencana untuk melakukan pengadaan ataupun peremajaan peralatan dan mesin produksi, maka tunda dulu sementara waktu hingga masa krisis berlalu. Dengan menunda rencana tersebut, Anda dapat mengalokasikan dana yang ada untuk keperluan lain yang lebih mendesak.
- Mengkaji Biaya/Pengeluaran Operasional
Di dalam masa krisis, permintaan pasar cenderung akan mengalami penurunan yang signifikan, namun bervariasi bergantung dari apa produk yang Anda jual. Apabila penjualan terus menurun, maka Anda harus melakukan efisiensi dalam berbagai macam biaya yang ada dalam aktivitas operasional bisnis seperti:
- Listrik
Kurangi pemakaian listrik untuk keperluan yang tidak perlu seperti lampu, AC, mesin produksi yang tidak produktif, dan lain sebagainya agar mengurangi biaya operasional.
- Promosi Pemasaran
Stop sementara pengeluaran promosi yang tidak lagi relevan di masa krisis, alihkan anggaran promosi untuk meningkatkan penjualan secara online.
- Transportasi
Kurangi rencana yang tidak terlalu mendesak yang membutuhkan anggaran transportasi sehingga anggaran dapat dialihkan untuk kebutuhan lain.
- Pelatihan
Tunda agenda-agenda pelatihan untuk pekerja sampai kondisi krisis sudah terlewati.
- Dan lain sebagainya
Serta masih banyak lagi komponen-komponen biaya lain yang dapat Anda lakukan dengan menyesuaikan kondisi bisnis yang Anda miliki.
- Kurangi agenda rapat offline
Pada masa krisis wabah penyakit seperti sekarang ini, kita diminta untuk tidak bertemu orang banyak untuk menghindari penularan. Maka ganti dengan pertemuan online dengan menggunakan berbagai macam media seperti Google Meet, Zoom, Skype, dan lain sebagainya. Dengan mengurangi rapat offline juga akan mengurangi biaya-biaya perusahaan yang tidak perlu seperti transportasi, listrik, sewa tempat, dan lain-lain.
- Fokus Produk:
Selain mengurangi biaya operasional, Anda juga dapat melakukan upaya lain yang berkaitan dengan produk, antara lain sebagai berikut:
- Produk dengan Harga Pokok Penjualan (HPP) rendah
Apabila Anda memiliki berbagai macam produk yang dijual, maka berfokuslah untuk menjual produk-produk tertentu yang memiliki struktur HPP yang rendah serta meniadakan produk dengan HPP yang tinggi. Hal ini akan meningkatkan margin keuntungan dari setiap transaksi.
- Produk dengan masa kadaluarsa yang lama
Produk dengan masa kadaluarsa yang cepat dapat menjadi risiko di dalam masa krisis. Maka dari itu, berfokuslah pada produksi produk yang memiliki masa kadaluarsa yang lama sehingga terhindar dari risiko. Apabila Anda sudah terlanjur memiliki persediaan produk dengan masa kadauarsa yang cepat, maka segera fokuskan sebagian anggaran promosi untuk menjual produk tersebut.
- Produk yang lebih mudah terjua pada saat masa wabah
Di masa krisis/wabah penyakit, perilaku pembelian konsumen berubah, barang-barang yang dibutuhkan konsumen juga berubah. Apabila Anda memiliki cukup sumber daya untuk mengalihkan produk, maka fokus ciptakan dan pasarkan produk yang lebih dicari masyarakat pada saat ini seperti: bahan-bahan pokok, makanan/minuman yang meningkatkan imunitas tubuh, obat-obatan tradisional, peralatan kesehatan, dan lain sebagainya.
- Katalog Online yang Menarik
Ciptakan katalog produk online yang menarik dan dapat Anda bagi melalui media sosial sehingga konsumen dapat melihat dan membeli produk Anda tanpa harus bepergian dari rumah.
Photo by Anastasiia Chepinska on Unsplash